Senin, 10 Oktober 2011

Pacaran Islami?

Cerita fiksi mengenai perbincangan kriuk-kriuk antara 2 onggok daging di sudut kampus; Eneng dan Onong..

Eneng : Nong, usut punya usut (bukan punya Sule), kamu pacaran nya?

Onong : Kamu dpt info itu dr mana?

Eneng : Denger dari anak2 sih, pernah jg gak sengaja liat kamu lagi makan di kantin POMA sama Ujang yg drummer itu.. (ingat ini cerita fiksi, hahahaha) Makanya aku nanya langsung..

Onong : Bener kok aku pacaran sama Ujang.. (fiwwwwwwwwwid!)

Eneng : Aslina?

Onong : Kalo aku bohong kamu dapet nasi goreng sosis!

Eneng : Ih ai kamu cideuuuug sugan, kan ga boleh pacaran sebelum merit dlm Islam mah. Mendekati zina eta teh pan dosa, Nong. Kamu jg udah tau kan?

Onong : Weits, kalem sist.. Aku ngerti kok hukumnya, ini pacarannya islami kok.. Jadi aman..

Eneng : Pacaran islami? Aman? Maksudnya? (ada 3 kemungkinan; 1. Eneng bener2 lemot, 2.Eneng cuma pura2 gak ngerti, 3.Eneng nelen sendok sampe mabok)

Onong : Eh si eneng masa ga ngerti? Jadi gini, pacaran Islami teh pacaran yg ga pake syahwat (nafsu), gak pegangan tangan, peluk2, dll apalagi 'ehem-eheman'. Yah intinya saling menjaga, aman kan?

Eneng : Oh yang juga pake jarak 2 meter? Ato pake sarung tangan biar steril & higienis? #jengjeng..iklan lifebuoy berdurasi 1 menit jadi backsound

Onong : Ah kamu meni sok nyepetan wae (bari baeud)

Eneng : Eh bukannya gitu, cuma aku baru denger aja gitu ada istilah 'pacaran islami'. Pacaran ya pacaran, islami ya islami, jangan memadu-madankan yg udah hukumnya 'kotor' biar keliatan 'agak bersih

'Onong : Tapi kan kitanya juga gak ngapa-ngapain ai kamu, jgn ngjudge sesuatu sebelum kamu ngalamin deh.. Sotoy.

Eneng : Nong, emang kamu yakin dia ngga bakalan ngapa2in kamu? Oke aku tau, kalian bisa saling ngejaga diri.. Tp nyadar nggak sih kalo setan itu bisa dateng kapan aja buat ngegoda manusia? Adam yang Nabi aja dilempar dari surga gara-gara digoda setan, gimana kamu? Kalo setan udah dateng, apa aja boyeeeeeh. Evil is a winner-You are a loser..

Onong : Alaaah, nggak bakalan deh kejadian kayak gitu. Justru pacaran islami ini membawa kebaikan tau. Si Ujang yg drummer hobi nongkrong sejak pacaran sm aku shalatnya jd rajin, mulai baca Qur'an lagi. Niat aku juga kan baik pengen ngerubah dia. Bagus kan? Brilliant kan? Saha heula atuh! (sambil tepuk tepuk tangan ala Tukul)

Eneng : Yaelah nong kemana ajaaa haloooo? Yg namanya shalat, baca Qur'an, ibadah tetek bengek mah itu udah jadi kewajiban individu utk dilaksanain.. Plis deh ya umur udah segede truk kerupuk gitu, udah kuliah, masa yg gitu aja mesti diingetin-sama lawan jenis pula-lewat pacaran pula-dgn embel2 islami pula.Maaf ya nong sbelumnya, bukannya aku sok-sokan jadi orang alim.. Tapi kalopun kamu mau ngerubah seseorang, gak lewat pacaran juga bisa. Dan seharusnya yg ngingetin dia utk ngerubah perilaku itu ya keluarganya atau temen2 sejenisnya. Ingat, interaksi antara cewek dan cowok itu ada batasannya, nggak bisa sembarangan.Iya emang bagus juga si Ujang jadi ketularan baik, gimana kalo kamu dgn gak sngaja ketularan yg buruk2 (buah mangga meureun nya buruk sagala, hahaha) gimana hoh? Rugi juga kan kamu..

Onong : Apaan sih neng, meni ikut campur teuing urusan batur kamu mah, zzzz..

Eneng : (sejenak diam) Nong, umur-umur kita ini emang lagi rentan-rentannya buat ngalamin yang kayak ginian dan ya emang normal. Tapi bakal jadi nggak normal ketika kita mengolahnya dengan cara yang nggak benar, kayak pacaran. Kalo boleh aku tebak nih ya, aku tau kamu udah paham soal hukum pacaran sebelum merit (islami/bukan) dan pemikiran kamu ini udah benar. Cuma sayangnya, kamu belum bisa mengkontekstualisasikan (weis itu bahasanyaaaa haha) pemikiran kamu ke perilaku kamu. Bisa jadi karena kamu terlalu memberikan porsi yang besar sama perasaan kamu dan gharizah nau (naluri berkasihsayang) kamu. Jadi nggak sinkron deh antara pemikiran dan tingkah laku kamu. Apakah itu yang disebut sbg muslimah sejati, Nong? Bukan, tapi seharusnya ia bisa mengsinkronkan antara pemikiran dan perasaan nalurinya sehingga berjalan seiringan. Ia akan sekuat tenaga menjaga dari hal-hal yang bisa menjerumuskannya ke dalam dosa, ia tahu bahwa pacaran itu adalah salah satu gerbang besar yang bisa mendekatkan ia pada perzinaan (QS. Al-Isara ayat 32). Ia tetap memegang teguh prinsipnya walaupun orang berkata dia cupu, dia kampungan, dia nggak gaul, dia nggak peduli karena ia nggak mencari eksistensi ataupun penghargaan dari manusia agar di cap wanita yang gaul, dll tapi semata-mata ia memegang teguh prinsip itu hanya untuk ridlo Allah semata. Ketika pun ingin membantu menyadarkan seseorang dan mengubah perangai buruk seseorang, bukannya ada jalan yang lebih baik, yakni dakwah tanpa harus pacaran? Itu lebih baik menurutku.
Aku gini juga ngga ada maksud lain semata-mata karena sayang kamu sbg teman karena Allah. Aku nggak mau lah, sampe kamu jd kebawa2 jelek gara2 pacaran islami-mu itu, aku sbg temen jg bakal dmintain pertanggungjawaban sm Allah kalo gak ngingetin kamu ke arah yg bener.

Onong : (diam, tidak menggubris) yayaya.. whateverlah itu.

Eneng : Yaudah deh.. Merenung dulu gera.. Aku ga maksa juga, cuma ngingetin aja, lagian km juga udah dianugerahi akal utk berpikir, buat ngbedain mana yg boleh/nggak, dan yg halal/haram. Yaudah, aku duluan ya.. Ada kuliah euy, Assalamu'alaikum. (beranjak pergi)

Onong : Wa'alaikumsa.. (terpotong ucapannya karena Eneng tiba2 berbalik dan membisikkan sesuatu di telinga Onong)

Eneng : Oh ya, jgn lupa nanti setiap pacaran, diawali dengan BISMILLAH dan diakhiri dgn ALHAMDULILLAH ok? Kan islami.. Pacarannya juga jangan di sembarang tempat, tapi di bawah beduk oke bos? Ekekekek..

Eneng berlalu; Onong membisu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar