Jumat, 21 Oktober 2011

yuk bersyukur (part 1)

yuk kita hitung berapa kali kita berucap "alhamdulillah" setiap hari, :)
apa satu kali, 2 kali, atau mungkin tidak pernah malah.
hmm.. padahal beribu nikmat kita terima setiap harinya, dan dengan sombongnya
kita tidak pernah berucap syukur, astaghfirullah..

dari kita bangun, membuka mata, bernafas.. bukankah itu merupakan nikmat Allah ?
tapi apa pernah ketika kita terbangun kita berucap hamdalah?
mungkin sesekali kita mengucapkan, tetapi kebanyakan dari kita lupa untuk itu
yang biasanya dilakukan itu ya, langsung buka hape,, ya kan? hayoo ngakuuu..


tuh kan udah sangat amat jelas, bahwa kita itu harus bersyukur setiap harinya 
begitu banyak nikmat yang melimpah setiap hari, bahkan setiap menit dan setiap detik 

saya mau sedikit berbagi kisah nih tentang pentingnya rasa syukur :)
satu bulan kemarin, air di kosan saya masih bersih dan melimpah
tapi saya merasa saya tidak pernah mensyukuri itu, 
seprti biasa saya mandi, mencuci, dan menggunakan air semau saya
karena saya merasa air di kosan saya tidak akan habis..
nah, 1 minggu kemudian, air di kosan saya mulai jadi keruh dan berbau
dan akhirnya lama kelamaan air di kosan saya terus menyusut
karena kemarau panjang..
semkin hari, saya menggunakan air dengan sangat amat berhemat, maklum
berbagi air dengan 12 orang yang lain itu cukup sulit ternyata..
sampai tiba satu hari, air di kosan saya benar-benar kering, sungguh sangat menyedihkan
akhirrnya saya pun harus menumpang mandi di kosan teman saya..


 ternyata baru saya menyadari bahwa selama ini saya tidak bersyukur dengan apa yang saya punya..
barulah ketika cobaan itu datang, saya baru mengerti dan mau berucap syukur
seperti pun hari ini, alhamdulillah air di kosan tidak terlalu kering, tetapi masih tetap dibatasi 

ya kadang seperti itulah manusia, tidak bisa mensyukuri hal-hal kecil seperti itu
barulah ketika cobaan datang, dia baru mau untuk berucap syukur.. 

saya juga baru menyadari, ternyata mungkin tidak menentunya cuaca saat ini karena manusia yang sombong
seperti lagunya Ebiet G. Ade itu lhoo..

"mungkin Tuhan mulai bosan, melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa.."
 mungkin ya? karena memang sekarang manusia itu terlalu sering lupa untuk bersyukur
akan segala nikmat dan rahmat-Nya yang tak pernah henti Dia curahkan
untuk umat-Nya, subhanallah :)

jad, yuk bersyukur setiap hari :)
setiap bangun tidur, ataupun selesai beraktifitas
jangan menjadi orang yang sombong yaaa teman :D

dengan bersyukur, insyaallah kita bakalan banyak dapet manfaat lo, diantaranya

Pertama, Mengucapkan puji syukur ‘alhamdulillah’ membuat tubuh dan jiwa kita menjadi kuat karena ucapan puji syukur ‘alhamdulillah’ adalah cermin sikap kita untuk rela menerima apapun keadaan yang Allah berikan kepada kita untuk membentuk dan mendewasakan diri kita. Sebagaimana Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Salam harus menghadapi cercaan dan makian orang-orang yang menentang beliau. Kekuatan dan keteguhan hati Nabi Muhammad yang membuatnya mampu melewati semua ujian dan cobaan dengan senantiasa mengucap puji syukur kehadirat Allah.

Kedua, Mengucapkan puji syukur ‘alhamdulillah’ akan mudah kita untuk memaafkan. Mengucapkan puji syukur kehadirat Allah membuat cara pandang kita terhadap orang yang menyakiti, melukai atau mengkhianati kita dengan cara pandang kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ketiga, Mengucap puji syukur ‘alhamdulillah’ adalah kemampuan kita membuang energi negatif di dalam diri kita dan dengan izin Allah menggantikannya dengan energi positif di dalam diri kita. Segala perasaan buruk, penyakit hati seperti marah, dengki, kecewa, dendam yang tersimpan di dalam diri kita yang harus kita buang. Membuang energi negatif bukan dengan cara menekan atau seolah merasakan tidak terjadi apapun. Membuang energi negatif di dalam diri kita adalah dengan senantiasa mengucapkan ‘alhamdulillah’ puji syukur kehadirat Allah berarti sebuah permohonan agar Allah berkenan mengubah energi negatif di dalam tubuh kita menjadi energi positif, yang buruk menjadi baik, yang benci menjadi cinta dan yang hina menjadi mulia.

jadi sekali lagi,, YUK KITA BERSYUKUR !

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar